Berdiri sebagai Badan Layanan Umum Kementerian Sekretariat Negara, Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan publik dalam pengelolaan aset negara seluas 454 hektar. Bentuk pelayanan tersebut tidak hanya terbatas pada layanan bangunan, tanah, maupun administrasi di Kemayoran melainkan juga pengelolaan air bersih dan unit yang disediakan kepada masyarakat Kemayoran.
Memiliki kantor penagihan yang terletak di rumah susun Dakota Kemayoran, keberadaan kantor tersebut menangani berbagai keperluan untuk layanan air bersih dan unit lantai dasar Kemayoran.
Dikelola oleh kurang lebih enam orang, khusus layanan air bersih PPK Kemayoran mampu menyuplai air bersih untuk 3660 pelanggan yang terdiri dari rumah susun Apron, Boeing, Convair, Dakota dan rumah susun tahap tiga serta wilayah blok B perkantoran dan Villa Erses.
Berdiri sejak tahun 2005, keberadaan kantor penagihan PPK Kemayoran sangat mempermudah layanan air bersih dan tagihan atas penggunaan unit lantai dasar di seluruh rumah susun tersebut.
Beroperasi dari hari senin hingga jumat, khusus untuk layanan pembayaran setiap pelanggan dapat dengan mudah mengunjungi kantor penagihan yang mengelola khusus untuk pembayaran pada tanggal 5 hingga tanggal 25 setiap bulannya ataupun langsung mengirimkan via transfer ke rekening PPK Kemayoran.
Khusus untuk unit lantai dasar PPK Kemayoran memiliki sekitar 400 unit yang disewakan kepada penghuni rumah susun. Lantai dasar tersebut disewakan kepada penghuni rusun untuk digunakan sebagai ruang usaha guna membantu perekonomian masyarakat yang berasal dari berbagai kalangan.
Tidak hanya memberikan layanan air bersih saja, namun PPK Kemayoran juga bertanggung jawab atas pemeliharaan untuk peralatan yang diperlukan maupun perawatan atas kerusakan alat dalam layanan air bersih.
Selain memberikan pelayanan air bersih dan unit lantai dasar, melalui kantor penagihan PPK Kemayoran, setiap pelanggan air bersih maupun pengguna unit lantai dasar dapat pula memberikan dan menyampaikan keluhan maupun saran atas layanan air bersih dan unit lantai dasar PPK Kemayoran untuk segera ditindak oleh pihak PPK Kemayoran.
Pengelolaan layanan air bersih dan unit lantai dasar melalui kantor penagihan secara langsung mempermudah PPK Kemayoran dalam melakukan pengelolaan layanan kepada publik yang ada di Kemayoran.