Waktu Operasional

Senin - Jumat: 07.30 - 16.00

Telepon

(021) 420 768 8

Pembangunan Hutan Kota, Inovasi Kemayoran Wujudkan Ruang Terbuka Hijau Ibukota

Oleh PPKK Media by cici - 27 Juni 2019
3

Para pekerja melakukan pemasangan boplang di Hutan Kota Kemayoran

Pekerjaan revitalisasi Hutan Kota Kemayoran terus dilanjutkan, kegiatan yang diinisiasi oleh Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) ini merupakan inovasi nyata yang dilakukan sebagai pengelola kawasan dalam mewujudkan Ruang Terbuka Hijau di Ibukota.

Menengok Hutan Kota Kemayoran, akan tampak para pekerja yang hingga kini masih terus melanjutkan pembangunan sarana dan fasilitas yang direncanakan untuk melengkapi keindahan hutan kota. Dimulai sejak Juni 2019 rencananya pembangunan tersebut akan dirampungkan November mendatang.

Pembangunan Hutan Kota Kemayoran sendiri dikerjakan sesuai dengan inovasi yang telah diusung oleh PPK Kemayoran yakni revitalisasi hutan kota bertema Three Wonderful Journeys. Memadukan jalur hutan (forest trail), ekspedisi mangrove dan taman bermain air (water playground), Hutan Kota Kemayoran diharapkan dapat menjadi sarana yang nyaman untuk masyarakat dalam berbagai aktivitas.

Memiliki luas 22,3 hektar yang di dalamnya terdapat rawa, waduk dan danau, pembangunan hutan kota Kemayoran kini tengah fokus melakukan pekerjaan untuk pembangunan panggung apung, amphitheater, viewing tower dan fasilitas lain yang telah dibagi berdasarkan zona sarana dan prasarana yang direncanakan.

Pembangunan sendiri dimulai dengan pemasangan boplang yakni titik yang terdiri dari papan yang dipasang keliling di sudut – sudut lahan yang direncanakan untuk didirikan bangunan. Selain itu, pembangunan Hutan Kota Kemayoran juga berupaya untuk tetap memperhatikan kondisi dan keadaan pepohonan yang ada.

Dalam rangka menciptakan ruang terbuka hijau, perawatan hutan dari aspek pepohonan juga dilakukan. Meski pembangunan sedang dilakukan namun penebangan pohon tidak dilakukan secara meluas. Penyelamatan pohon – pohon yang ada akan dilakukan dengan tindakan transplantasi, yakni pemindahan pepohonan di titik lain yang ada di Hutan Kota.

Revitalisasi Hutan Kota Kemayoran yang dilakukan tersebut diharapkan menjadi potensi luar biasa Kemayoran yang akan dikembangkan sebagai salah satu unggulan Kawasan Kemayoran. Dengan pembangunan fasilitas Three Wonderful Journeys yang sedang dilakukan, kedepannya Hutan Kota Kemayoran dapat menjadi ruang terbuka hijau di ibukota yang nyaman bagi masyarakat untuk menikmati sarana rekreasi, konservasi dan edukasi.