Waktu Operasional

Senin - Jumat: 07.30 - 16.00

Telepon

(021) 420 768 8

Komunitas Burung Adakan Latihan dan Lomba Burung Berkicau di Kemayoran

Oleh PPKK Media by eka - 15 Mei 2019
574

Para anggota komunitas burung menyaksikan latihan kicau burung di Kemayoran

Memelihara burung berkicau merupakan salah satu hobi yang banyak digemari oleh masyarakat. Belakangan ini banyak bermunculan komunitas untuk mewadahi kegemaran tersebut. Seperti di ibukota, banyaknya pecinta burung berkicau bukanlah suatu hal yang asing. Berbagai komunitas pun muncul untuk mewadahi para pecinta burung. Salah satunya adalah komunitas burung bernama Nazaro, atau lebih dikenal dengan NzR.

Memiliki cabang di Kemayoran, sejak awal tahun 2019 komunitas ini menyewa lahan Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) di halaman bekas kantor PPK Kemayoran Jalan Angkasa Kemayoran untuk mengadakan latihan dan lomba kicau burung. Ketua NzR Cabang DKI Jakarta, Mamad mengungkapkan ketertarikan akan lahan tersebut sebagai area para pecinta burung untuk menyalurkan hobinya.

"Kami memilih tempat ini karena bagus dan rindang, sehingga cocok dijadikan tempat para burung beradu kebolehannya", ungkap Mamad.

Latihan kicau burung tersebut dilakukan setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu. Setiap latihan, peserta hanya dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 20.000 hingga Rp 25.000. Peserta yang mengikuti latihan pun mendapatkan sertifikat.

Mamad mengungkapkan bahwa antusias dari masyarakat lumayan tinggi, karena setiap latihan ada sekitar 150 hingga 200 peserta yang hadir untuk melatih burung mereka dengan didampingi pelatih handal dari NzR Indonesia. Selain dari Kemayoran, adapula yang datang dari Tanjung Priok, bahkan saat weekend banyak peserta yang datang dari Serpong, Tangerang Selatan.

Untuk lomba burung berkicau diadakan setiap satu hingga tiga bulan sekali, dengan trofi serta uang pembinaan sebagai hadiahnya. Adapun burung yang biasa dilombakan adalah murai batu, anis merah, lovebird, kacer, dan kenari. Perlombaan burung berkicau ini dikelompokkan per kategori dan menggunakan sistem poin dalam penilaiannya. Irama lagu kicauan dan gaya dari burung pun menjadi kriteria utama dalam penilaian juri.

Mamad berharap hadirnya NzR Indonesia dapat menyuguhkan latihan burung yang terbaik, sehingga burung yang dimiliki semakin menarik perhatian para pecintanya.