Waktu Operasional

Senin - Jumat: 07.30 - 16.00

Telepon

(021) 420 768 8

Ramadan Tiba, Masjid Akbar Kemayoran Maksimalkan Pelaksanaan Kegiatan Ibadah

Oleh PPKK Media by cici - 06 Mei 2019
632

Tampilan Masjid Akbar Kemayoran dari atas

Bulan penuh kemuliaan, nama yang seringkali disandingkan dengan bulan Ramadan bagi umat muslim di seluruh dunia. Bulan istimewa yang diyakini sebagai momen untuk berlomba – lomba dalam beribadah dan memperbaiki diri.

Di tahun 2019, Ramadan di Indonesia dimulai pada hari ini, Senin (06/05). Sebagai salah satu negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Ramadan umumnya disambut dengan berbagai kemeriahan dan acara – acara tertentu untuk lebih memaknai esensi dari bulan Ramadan.

Berbagai kegiatan keagamaan berusaha digelar semaksimal mungkin untuk memanfaatkan bulan suci yang hanya ada sekali dalam setahun. Di seluruh sudut ibukota maupun daerah saling berlomba – lomba untuk memberikan nuansa Ramadan yang dapat dinikmati oleh seluruh umat muslim.

Seperti halnya yang ada di Kemayoran, Jakarta Pusat. Sebuah kawasan yang dikenal dengan kekayaan budaya betawinya ini juga menjadikan Ramadan sebagai momentum dalam beribadah bagi umat muslim. Hal tersebut diwujudkan dengan lebih memaksimalkan tempat peribadatan sebagai ruang eksistensi keislaman masyarakat muslim di Kemayoran.

Memiliki sebuah masjid yang letaknya tidak jauh dari Monumen Ondel – ondel. Masjid Akbar yang merupakan aset Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran tidak hanya mengundang masyarakat untuk datang karena memiliki desain bangunan yang unik, namun khusus dibulan Ramadan banyak hal yang ditawarkan kepada para jamaah yang hendak beribadah di Masjid Akbar Kemayoran.

Selain berbenah diri dengan memperbaiki dan merenovasi dua ruang toilet, selama bulan suci Ramadan, Masjid Akbar Kemayoran juga menggelar beragam kegiatan ibadah yang tidak hanya terbatas pada rutinitas shalawat tarawih saja melainkan juga iktikaf. Bahkan khusus di bulan Ramadan, Masjid Akbar menambah dua imam baru untuk memenuhi pelaksanaan shalawat tarawih serta juga telah memiliki daftar dai kondang yang akan menyampaikan ceramah di masjid tersebut.

Tidak hanya itu, Masjid Akbar juga akan menggelar kegiatan pesantren kilat yang dapat diikuti oleh para ibu maupun remaja masjid Kemayoran. Dalam pesantren kilat tersebut selain memberikan pemahaman keagamaan, nantinya peserta juga akan diberikan kelas pelatihan untuk meningkatkan daya kreatif melalui pelatihan public speaking, penulisan kreatif dan pembuatan video.

Kegiatan lain yang akan diadakan oleh Masjid Akbar Kemayoran juga berupa tadarusan dan acara buka puasa bersama serta acara santunan kepada kurang lebih empat ratus anak yatim piatu. Keseluruhan acara dan kegiatan tersebut sengaja digelar untuk memanfaatkan masjid sebagai ruang ibadah yang memfasilitasi masyarakat dalam memaksimalkan ibadah serta memperbanyak amalan di bulan suci Ramadan.