Waktu Operasional

Senin - Jumat: 07.30 - 16.00

Telepon

(021) 420 768 8

Diguyur Hujan Deras, PPK Kemayoran Sigap Tangani Genangan Air

Oleh PPKK Media by cici - 05 Maret 2019
460

PPK Kemayoran Sigap Menangani Genangan Banjir

Menjadi negara yang beriklim tropis menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara Asia yang hanya memiliki dua jenis musim, yakni kemarau dan penghujan. Ketika musim penghujan, di ibukota khususnya, bukanlah hal yang biasa jika curah hujan yang tinggi mengguyur Jakarta.

Salah satu titik yang biasa diguyur hujan di Jakarta adalah Kemayoran. Hari ini Selasa, (05/03) Kemayoran kembali disapa curah hujan yang tinggi. Turunnya hujan dari pukul dua dini hari menyebabkan genangan air di underpass timur.

Meski menyebabkan genangan air, namun pengelola kawasan yakni Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) secara sigap langsung menangani genangan air tersebut. Walau terdapat genangan air di underpass, namun genangan air yang ada sama sekali tidak menyebabkan kemacetan.

Memiliki tiga mesin pompa yang aktif beroperasi, penanganan atas genangan air tersebut langsung dilakukan dengan mesin pompa.  Sejak turunnya hujan, pihak PPK Kemayoran pun langsung mengaktifkan mesin pompa untuk menyerap genangan air yang ada agar diteruskan menuju kali yang ada di Sunter.

Walau dilengkapi dengan tiga mesin pompa yang terdiri dari dua pompa besar dan satu pompa kecil namun genangan air tetap terjadi akibat curah dan kapasitas hujan yang turun sangatlah tinggi.

Dengan menerjunkan Tim Swakelola Kebersihan, PPK Kemayoran dibantu pula oleh Suku Dinas Tata Air, Pemadam Kebakaran dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Dalam penanganan tersebut, selain bertindak melalui serapan air oleh mesin pompa, PPK Kemayoran juga menanganinya dengan membersihkan sampah yang ikut bersama arus air menuju underpass.

Mesin pompa PPK Kemayoran sendiri memiliki daya serap sebesar 150 liter per detik untuk pompa yang besar, sedangkan untuk pompa yang kecil memiliki daya serap sebesar 20 liter per detik.

Sigapnya penanganan PPK Kemayoran tersebut menjadikan genangan air dapat dengan mudah diatasi. Dengan menggunakan mesin pompa dan pembersihan sampah membuat air yang ada surut dalam waktu singkat dan rencananya Underpass Kemayoran pun akan kembali digunakan secara normal siang ini.


Fatal error: Cannot redeclare tanggal_indo() (previously declared in C:\inetpub\wwwroot\prodwebppkk\konfig\tgl_indo.php:2) in C:\inetpub\wwwroot\prodwebppkk\konfig\tgl_indo.php on line 7