Waktu Operasional

Senin - Jumat: 07.30 - 16.00

Telepon

(021) 420 768 8

Perayaan Natal dan Tahun Baru, Pengamanan Kemayoran Diperketat

Oleh PPKK Media by cici - 25 Desember 2018
99

Kemayoran perketat keamanan dalam rangka perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru

Polres Kemayoran bekerjasama dengan TNI dan Pemerintah Daerah wilayah Kemayoran memperketat pengamanan dalam rangka perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019.

Pengamanan tersebut diawali dengan apel yang dilaksanakan oleh seluruh anggota koramil, polsek maupun kecamatan yang disebut dengan tiga pilar. Persiapan pengamanan itu kemudian dilanjutkan dengan patroli langsung di dua puluh satu gereja yang ada di Kecamatan Kemayoran, Sabtu (24/12).

Sebanyak empat ratus personil dari kepolisian, TNI maupun pemerintah Kemayoran diturunkan untuk melakukan pengamanan tersebut. Tidak hanya melakukan patroli secara berkala, pengamanan juga dilakukan dengan menyiapkan pos keamanan di beberapa gereja besar yang ada di Kemayoran seperti Gereja Reformed Injili yang menjadi pos pengaman terpadu yang dijaga oleh empat puluh lima personil.

Untuk pos kemanan, tim gabungan yang ada dilengkapi dengan tambahan dari Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK) Kemayoran yang menyediakan pos di enam titik seperti pos ondel – ondel, garuda, bundaran tol utama dan beberapa titik lainnya. Setiap pos tersebut dijaga oleh security PPK Kemayoran.

Selain melakukan pengamanan dan patroli di gereja dan tempat peribadatan lainnya, pengamanan dan patroli juga dilakukan di beberapa titik keramaian seperti Mall Mega Glodok Kemayoran (MGK) dan Bundaran ondel – ondel di Jalan Benyamin Sueb.

Meskipun telah mengirimkan empat ratus personil gabungan namun untuk perayaan natal kali ini pengamanan yang dilakukan dilengkapi pula dengan personil Bantuan Kendali Operasi (BKO) yang dipersiapkan oleh Polres dan Kodim Jakarta Pusat.

Kepala Kepolisian Sektor Kemayoran Saiful Anwar menjelaskan BKO dibutuhkan untuk urgensi bantuan untuk pengamanan. “Meskipun pengamanan sudah cukup ketat dengan tim gabungan namun BKO sendiri untuk mengantisipasi hal penting yang kemungkinan terjadi”.

Selain pasukan BKO, pengamanan ekstra juga dilakukan dengan peralatan yang disediakan khususnya di pos terpadu Gereja Injili Reformed. Gereja yang dapat memuat ribuan jemaat tersebut menyediakan peralatan pemeriksaan seperti pemeriksaan secdoor dan metal detector.

Dalam pelaksanaan pengamanan perayaan natal tersebut, Saiful menyampaikan harapannya agar pengamanan ketat yang telah dilakukan juga didukung oleh masyarakat dalam menjaga ketertiban.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat di Kemayoran untuk merayakan natal maupun tahun baru dengan sewajarnya saja, menjaga ketertiban untuk ketentraman bersama”, tutup Saiful.