Waktu Operasional

Senin - Jumat: 07.30 - 16.00

Telepon

(021) 420 768 8

Indonesia Kerahkan 8.466 Personil Amankan Asian Para Games 2018

Oleh PPKK Media by cici - 26 September 2018
36

Indonesia Siapkan Pengamanan Ekstra Menuju Asian Para Games 2018

Suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 tentu tidaklah terlepas dari kerjasama dan kontribusi berbagai pihak. Banyaknya keterlibatan seluruh lapisan masyarakat maupun pemerintah menjadikan Asian Games menuai banyak pujian, termasuk didalamnya adalah bagian pengamanan .

Pengamanan tersebut tentu dibutuhkan untuk menyukseskan acara internasional yang membuat Indonesia ramai dengan datangnya tamu dunia. Seluruh lapisan pengamanan mulai dari TNI dan Polri yang ikut ambil bagian menunjukkan kerja bersama Indonesia benar menciptakan prestasi bangsa.

Meskipun Asian Games telah usai namun dalam penyelenggaraan Asian Para Games juga kembali menuntut kerjasama berbagai pihak termasuk pengamanan. Model dan sistem pengamanan untuk Asian Para Games tidak jauh berbeda dengan Asian Games namun akan ada fokus pada aspek pelayanan pengamanan khusus karena ajang Para Games adalah ajang olahraga kaum disabilitas.

Untuk memantapkan pengamanan Asian Para Games, Panitia penyelengara Asian Para Games (Inapgoc) bersama Kepolisian Republik Indonesia menggelar rapat koordinasi untuk persiapan pengamanan acara tersebut di Gedung Utama Mabes Polri, Senin (25/09).

Selain dihadiri oleh deputi satu, dua, tiga dan empat Inapgoc, Rapat yang dipimpin oleh Brigjen Pol. Imam Sugianto tersebut juga diikuti oleh Direktur Perencanaan dan Pembangunan Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK kemayoran) Riski Renando, Dinas perhubungan DKI Jakarta serta Perwakilan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia.

Dalam rapat tersebut dijelaskan bahwa guna menyukseskan Asian Para Games Indonesia akan mengarahkan 8.466 personil yang terdiri dari Mabes Polri, TNI dan Bantuan Kendali Operasi (BKO) Pemda DKI.

Menyukseskan Asian Para Games, selain pengamanan, Indonesia akan mulai mengoperasikan berbagai jenis transportasi sejak tanggal 28 September dan terakhir tanggal 16 Oktober 2018 dalam rangka penjemputan dan pemberangkatan para atlet dari bandara, para village maupun venue. Sedangkan untuk transportasi khusus kaum disabilitas juga akan disediakan shuttle bus di setiap titik drop off yang telah ditentukan.

Di akhir rapat, Brigjen Pol. Imam Sugianto menyampaikan pentingnya kerjasama semua pihak dalam menyukseskan pengamanan dan pelaksanaan Asian Para Games

“saya berharap lewat rapat ini, segala tugas dapat dikonsultasikan dengan baik kepada pihak – pihak terkait. Semoga Asian Para Games dapat terlaksana dengan baik dan sukses, olehnya kita semua harus mendedikasikan waktu, tenaga dan pikiran untuk Asian Para Games 2018” tutup Imam.