Waktu Operasional

Senin - Jumat: 07.30 - 16.00

Telepon

(021) 420 768 8

Undang Pejabat Kehumasan Kementerian/Lembaga, Bakohumas Selenggarakan Rapat Kerja Tahunan

Oleh HumasPPKK - 08 Agustus 2018
37

Rapat tahunan Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas)

Bertempat di Istana Kepresidenan Cipanas, Badan Koordinasi Humas (Bakohumas) Pusat bekerjasama dengan Kementerian Sekretariat Negara RI menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) Bakohumas tahun 2018 pada hari Rabu (8/8). Sebanyak kurang lebih 85 pejabat kehumasan kementerian/lembaga menghadiri kegiatan rapat kerja tersebut.

Raker diawali dengan pembacaan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Ketua Umum Bakohumas, Dedet Surya Nandika. Melalui laporannya, Dedet mengharapkan adanya partisipasi aktif dari anggota Bakohumas untuk berperan serta dalam pertemuan Bakohumas tahun 2018.

Pada kesempatan tersebut hadir juga Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan, Dadan Wildan, yang menyampaikan bahwa Bakohumas harus lebih aktif berperan dalam melakukan kegiatan misalnya kegiatan sosial. “Bakohumas bisa berkontribusi dalam memberikan bantuan bencana, agar masyarakat percaya dan mulai melihat organisasi kita,” jelas Dadan.

Dirjen Komunikasi Publik Kemkominfo, Rosarita Niken Widiastuti, membuka acara Raker Bakohumas sekaligus menyampaikan harapannya agar banyak masukan dari para anggota Bakohumas yang dapat memperkuat Government Public Relations (GPR) karena GPR merupakan ujung tombak pemerintah.

Sebelum agenda rapat kerja dimulai, diberikan Apresiasi Pelayanan Informasi Publik dalam Pelayanan Arus Mudik 2018 kepada kementerian dan lembaga. Peraih penghargaan badan publik ramah informasi publik 2018 dalam kategori informative adalah Polantas Polri. Kemudian, peraih penghargaan dalam kategori inovatif dan responsif berturut-turut adalah PT Pertamina dan Kementerian Perhubungan serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Bapak Gede Narayana, selaku Ketua Komisi Informasi Pusat, menyampaikan bahwa badan publik memiliki dampak besar dalam informasi arus mudik. “Penyediaan pos arus mudik saat arus mudik dari kepolisian sangat membantu dalam penyampaian informasi dan siap sedia dalam melayani masyarakat ketika dibutuhkan,” ujar Gede.

Acara sambutan ditutup oleh Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP), Arief Adi Kuswardono, yang menyampaikan harapan agar badan publik dapat mendorong untuk maksimalisasi pelayanan informasi publik.

Melalui rapat kerja Bakohumas, disampaikan terkait proses kerja Government Public Relations (GPR), tugas GPR, serta arahan dari Presiden RI, Joko Widodo, pada saat sidang Paripurna Kabinet awal bulan Februari tentang komunikasi publik kementerian/lembaga.

Para peserta rapat kerja Bakohumas diberikan kesempatan menginap di penginapan Istana Kepresidenan Cipanas sampai hari Kamis (9/8) untuk bersama-sama mengikuti senam pagi serta tur berjalan-jalan di dalam Istana Kepresidenan Cipanas.