Malai Bunga Kurma di Halaman Masjid Akbar Kemayoran

31 Agustus 2017

SEBATANG pohon kurma yang ditanam di halaman Masjid Akbar Kemayoran menjelang Idul Adha 1438 Hijriyah, yang jatuh pada Jum’at (1/9), mulai tampak berbunga. Malai bunga pohon kurma yang usianya sekitar 17 tahun itu muncul diantara pelepah daun kurma yang terletak di dekat pintu masuk masjid itu. Imam Masjid Akbar Kemayoran KH M. Nuh sangat gembira menyambut malai bunga pohon kurma satu-satunya itu. “Senang sekali saya melihatnya. Mudah-mudahan bunga itu akan menjadi buah kurma nantinya,” kata KH M. Nuh sambil menunjuk posisi malai bunga kurma.

KH M. Nuh menjelaskan tadinya ada 2 pohon kurma yang ditanam di halaman Masjid Akbar Kemayoran. Sayang satu pohon di antaranya mati. Yang tersisa sekarang adalah pohon kurma yang letaknya hanya beberapa meter saja dari tempat berwudhu.

Tumbuhnya pohon kurma ini menambah semarak suasana Masjid Akbar Kemayoran. Selain pohon kurma, pengurus masjid juga menanam berbagai pohon buah-buahan seperti mangga, kelengkeng, sawo dan jenis pohon buah lainnya, menjadikan halaman masjid terasa sejuk dan nyaman. “Saya berdoa jika kurma itu buahnya cukup banyak, akan saya bagikan kepada para jemaah masjid Akbar yang datang,” kata KH M. Nuh.