Ini Gambaran Kampung Atlet Asian Games di Jakarta dan Palembang

22 Januari 2018

Indonesia sebagai tuan rumah dalam acara olahraga bergengsi Asian Games 2018, bukan hanya fokus pada pembangunan venue untuk jalannya pertandingan saja. Persiapan juga dilakukan terhadap tempat tinggal sementara bagi atlet Asian Games 2018. Tempat ini juga disebut dengan Kampung Atlet Asian Games. Pada awalnya Kampung Atlet Asian Games di Jakarta akan dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta di Kemayoran, Jakarta Pusat, namun kemudian diambil alih oleh pemerintah pusat. Untuk pembangunan fasilitas tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) dan Perum Perumnas.

Kampung Atlet Asian Games di Jakabaring, Palembang juga akan dibangun oleh kedua instansi itu. Lokasi Kampung Atlet Asian Games disesuaikan dengan tempat penyelenggaraan pertandingan yakni di Kemayoran, Jakarta Pusat (10 tower) dan di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang (5 tower) yang memang akan menjadi tuan rumah bersama Asian Games 2018.

Sebelumnya, di Jakabaring sendiri sudah ada perkampungan atlet yang terdiri dari tiga tower yang digunakan saat menjadi tuan rumah SEA Games pada tahun 2011. Sehingga untuk dua tower lagi di bangun baru. Sementara Kampung Atlet Asian Games di Kemayoran terdiri dari 10 tower yang dibangun pada Maret 2016. Untuk Kampung Atlet Asian Games di Kemayoran dibangun di atas lahan pemerintah pusat seluas 10,6 hektar yang mencakup 7.426 unit, terbagi 5.494 unit di Blok D10 dan 1.932 unit di Blok C2.

Kampung Atlet Asian Games Kemayoran, Jakarta Pusat

Kampung Atlet Asian Games di Jakarta dibangun di dua lokasi yakni di Blok C-2 yang berdekatan dengan pintu tol Ancol dan Blok D-10 yang berada persis di belakang RS Mitra Kemayoran. Sementara untuk Blok C-2 digunakan bagi staf penunjang seperti pers, perawat, official pendukung dan lainnya, sedangkan di Blok D-10 dikhususkan untuk para atlet.

Kampung Atlet Asian Games Jakarta dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti tempat ibadah, minimarket, tempat parkir sepeda, motor, dan mobil, laundry center, klinik, ruang terbuka dan jogging track untuk mendukung pelaksanaan Asian Games. Selain itu, untuk masing-masing kamar, didesain dengan ukuran tipe 36 yang terdiri atas dua kamar tidur yang dilengkapi dengan kasur, kamar mandi, dapur, dan juga ruang tamu. Hal ini dilakukan agar para atlet bisa tinggal dengan nyaman selama ajang Asian Games 2018 berlangsung. Setelah ajang olah raga tersebut selesai Rusun ini akan dimanfaatkan untuk tempat tinggal masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan sistem sewa.

Kampung Atlet Asian Games Jakabaring, Palembang

Kampung Atlet Asian Games di Jakabaring, Palembang terdiri dari lima gedung lima tingkat. Setiap gedung terdiri dari 64 unit kamar. Seluruh wisma atlet itu akan digunakan sebagai tempat tinggal sementara bagi 640 atlet dari berbagai negara Asia peserta Asian Games 2018. Lantai pertama digunakan untuk kantor, dapur, tempat penyimpanan, gudang, dan ruangan untuk office boy. Sedangkan lantai kedua sampai kelima dipakai untuk kamar para atlet. Pada setiap unit terdiri atas dua kamar, satu ruang serbaguna, dapur, dan kamar mandi. Kamar pertama diisi satu tempat tidur bertingkat dua dan satu lemari. Sementara satu kamar lainnya dilengkapi dengan satu tempat tidur yang berukuran besar dan satu lemari. Untuk ruang serbaguna disediakan pula satu set meja dan kursi makan serta satu sofa dan meja.

Demikianlah penggambaran Kampung Atlet di dua kota ini yang tentunya bersiap menanti para penghuninya. 

asiangames2018.id