Rangkul Masyarakat Sekitar, PPK Kemayoran Jalin Koordinasi Asian Games 2018 dengan Karang Taruna Kebon Kosong

01 Maret 2018

Menjelang Asian Games 2018, PPK Kemayoran melanjutkan pembenahan di kawasan Kemayoran terutama di area sekitar Wisma Atlet dan JI Expo. Tidak hanya membersihkan serta merapikan di sekitar kawasan Kemayoran, namun PPK Kemayoran pun melakukan sosialisasi Asian Games 2018 kepada masyarakat sekitar. “Kita sosialisasikan ke masyarakat sekitar tentang Asian Games, jangan sampai mereka tidak tahu mengenai Asian Games tersebut” ujar Kepala Divisi Pemasaran dan Humas, Yoseph Indrajaya.

Untuk melancarkan kegiatan sosialisasi Asian Games 2018, PPK Kemayoran mengundang Karang Taruna Kelurahan Kebon Kosong untuk audiensi atas permintaan dari Karang Taruna. Audiensi yang dilaksanakan bertempat di Ruang Rapat Lantai 5 Direktorat Pengembangan Kawasan PPK Kemayoran, Kamis (01/03), dihadiri oleh Ketua Karang Taruna dihadiri juga oleh Wakil Ketua bidang Kegiatan Pemuda serta beberapa Koordinator Bidang serta tim dari Pemasaran dan Humas. Hal-hal yang menjadi pembahasan yaitu rencana pelaksanaan kegiatan di kawasan Kemayoran yang melibatkan Karang Taruna dan PPK Kemayoran. “Kami rindu untuk bekerjasama dan melakukan kegiatan bersama dengan PPK Kemayoran seperti yang sering dilakukan sebelumnya,” ujar Suratman. Suratman menambahkan bahwa sebelumnya Karang Taruna dan PPK Kemayoran sering mengadakan lomba serta kegiatan lainnya seperti Kemayoran Games di area Kemayoran.

Untuk meningkatkan kembali hubungan baik seperti yang telah terjalin sebelumnya, Karang Taruna mengusulkan untuk mengadakan lomba mural di kawasan Kemayoran khususnya di Jalan HBR Motik di depan Wisma Atlet dengan mengusung tema Asian Games 2018. “Kami berencana mengadakan lomba mural bekerjasama dengan PPK Kemayoran dalam rangka memperlihatkan kesenian Indonesia kepada para atlet yang tinggal di Kemayoran dengan euphoria Asian Games” kata Suratman. Pihak Karang Taruna menyampaikan ide lomba mural yang mengusung tema Energy of Asia terkait dengan Asian Games 2018 dengan target peserta 50 (lima puluh) kelompok. “Rencana lomba mural tersebut akan diadakan pada bulan Juli” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, pihak PPK Kemayoran memberikan dukungan kepada Karang Taruna untuk melaksanakan lomba tersebut dan meminta Karang Taruna untuk memberikan rencana serta proposal secara teknis. Selain acara lomba, Karang Taruna juga mengusulkan untuk mengadakan acara festival budaya dan kuliner khas Betawi. Mengingat adanya acara Asian Games 2018, PPK Kemayoran meminta Karang Taruna untuk mengadakan acara yang berkaitan dengan Asian Games 2018 dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta kesadaran masyarakat sekitar tentang gelaran pesta olahraga se-Asia tersebut. “Kita memang diminta untuk focus kepada acara Asian Games, jadi apapun acara yang akan kita lakukan harus berkaitan dengan Asian Games” ujar Yosep.

Untuk mendukung kelancaran Asian Games 2018, PPK Kemayoran menyampaikan juga kepada Karang Taruna agar membantu merapikan serta membersihkan kawasan Kemayoran dari pedagang kaki lima, parkir liar, serta tumpukan-tumpukan sampah. “Mulai bulan depan kita akan mulai melakukan PJU atau Perbaikan Jalan Umum di kawasan Kemayoran” ujar Yosep. Harapan ke depannya adalah PPK Kemayoran dan Karang Taruna bisa membina hubungan baik dan melakukan kerjasama sosial seperti yang sering dilakukan oleh Karang Taruna Kelurahan Kebon Kosong dengan tujuan untuk perbaikan kawasan Kemayoran.