Pro dan Kontra Penutupan Perlintasan Kereta Api Jl, Angkasa

18 Oktober 2017

Hingga hari ini, (18/10) kemacetan yang terjadi di beberapa titik di kawasan Kemayoran masih terjadi. Hal ini terjadi karena adanya uji coba penutupan perlintasan kereta api yang berada di Jl. Angkasa sejak jumat malam kemarin.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa Jl. Angkasa merupakan salah satu akses dari dan menuju kawasan Komplek Kemayoran. Banyak warga yang mengeluhkan perihal penutupan tersebut karena Jl. Garuda dan Jl. Industri pun tidak sanggup menampung banyaknya kendaraan bermotor yang berlalu lalang dari dan menuju kawasan Komplek kemayoran.

Berdasarkan pantauan, semenjak di tutupnya perlintasan di Jl. Angkasa, kemacetan yang terjadi  semakin parah, khususnya pada hari kerja, baik di pagi hari maupun pada sore hari. Puncak kemacetan biasa terjadi ketika jam pulang kantor tiba. Banyak pengendara yang merasa kesal dan kebingungan mencari jalur alternatif.

Disamping itu, ujicoba penutupan perlintasan sebidang tersebut bukan tanpa alasan. selain untuk keamanan pengguna jalan, penutupan tersebut  juga bertujuan untuk ketertiban dan kelancaran perjalanan KA dan masyarakat pengguna jalan pada perlintasan antara jalur kereta api dengan jalan diwilayah Provinsi DKI Jakarta.

Akan tetapi, penutupan tersebut masih bersifat uji coba hingga tanggal 27 Oktober 2017 mendatang. Tidak menutup kemungkinan adanya kebijakan lain untuk membuka kembali jalan tersebut mengingat bahwa Jl. Angkasa bisa dikatakan sebagai salah satu akses utama menuju Kawasan Komplek Kemayoran yang merupakan satuan kerja dari kementerian Sekretariat Negara dan ditugaskan untuk mengelola Kawasan Kemayoran menjadi Pusat Bisnis dan Perdagangan yang bertaraf Internasional.

Dan kepada para pengendara kendaraan bermotor dihimbau untuk mencari rute alternatif lain agar tidak terjebak kemacetan di beberapa titik tersebut.