Kalender PPK Kemayoran berbalut Teknologi AR

04 Januari 2018

Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran kembali merilis Kalender dan Buku Agenda 2018 berbasis multimedia dengan mengusung tema Asian Games 2018. Dengan visualisasi, teknik menggambar dan pewarnaan yang dinamis disertai konten 3 dimensi yang dilengkapi dengan suara yang dibalut dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) menjadikan kalender 2018 PPK kemayoran lebih informative dan inovatif.

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda-benda maya (baik berdimensi 2 dan/atau berdimensi 3) dan benda-benda nyata ke dalam sebuah lingkungan nyata berdimensi 3, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata agar terintegrasi dan berjalan secara interaktif dalam dunia nyata. Teknologi ini menggunakan metode marker based AR yaitu metode dengan memindai tanda atau yang lebih sering disebut sebagai marker. Marker biasanya merupakan ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang putih. Komputer akan mengenali posisi dan orientasi marker dan menciptakan benda virtual 3D di koordinat yang ditunjukkan marker.

Seperti sebelumnya, aplikasi yang digunakan pada Kalender dan Buku Agenda  2018 dapat di unduh di smartphone berbasis Android pada Google Play Store dan App Store. aplikasi ini menggunakan mode kamera, karena didalam gambar tersebut telah di setting dengan kode batang (BarCode) maka setelah aplikasi itu berjalan maka kita tinggal mendekatkan lensa kamera ke depan gambar-gambar yang ada di dalam Kalender dan Buku Agenda, dan keluarlah secara otomatis Audio dan Visual Animasi 3D yang bersifat informatif mengenai gambar tersebut.

Walaupun teknologi yang digunakan pada Kalender dan Buku Agenda  2017 dengan Kalender dan Buku Agenda  2018 sama-sama menggunakan terknologi Augmented Reality (AR), namun di Kalender dan Buku Agenda  2018 ini ditambahkan fitur virtual button pada tiap halaman yang nantinya akan menampilkan animasi yang berbeda. Konten yang terdapat pada Kalender dan Buku Agenda 2018 diantaranya Wisma Atlet dan mascot Asian Games yang memperagakan masing-masing cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Hal ini menjadikan Kalender dan Buku Agenda 2018 milik PPK kemayoran menjadi lebih informative, kreatif dan interaktif

Untuk kedepannya semua produk dari PPK Kemayoran akan terintegrasi kearah Digitalisasi, karena setiap informasi harus bisa dengan mudah diakses dimana saja dan kapan saja. (humas PPKK)