Banyaknya Atlit Internasional Di wilayah Kemayoran, Wisma Atlet dan JIExpo Perketat Urusan Keamanan

13 Februari 2018

Pelaksanaan test event yang digelar untuk menguji kesiapan arena dan panitia sebelum dimulai gelaran ajang olahraga Asian Games 2018 terlihat cukup baik dan lancar terutama dari segi keamanan. Terkait pengamanan, PPK Kemayoran telah melakukan koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti kepolisian, petugas kebersihan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para atlet yang sedang bertanding.

Kesigapan dari berbagai pihak dalam hal pengamanan mulai terlihat dari tempat tinggal para atlet selama acara test event berlangsung, yaitu Wisma Atlet Kemayoran. Pengamanan di Wisma Atlet Kemayoran berada dibawah kendali Polda dan Brimob.
“Jumlah seluruh anggota yang diturunkan untuk pengamanan Wisma Atlet sebanyak kurang lebih 300 orang. Seluruhnya ditempatkan di pos-pos berbeda yang tersebar di seluruh area Wisma Atlet,” ujar Rahmat selaku wakil dari Polda. Menurut beliau, jumlah seluruh pos pengamanan yaitu sebanyak 17 pos. “Selain standby di setiap pos, kami juga melakukan patroli menggunakan sepeda minimal setiap jam sekali,” tambahnya. Hal itu dilakukan agar kondisi di setiap sudut Wisma Atlet dapat terkontrol dengan baik.

Tidak sampai disitu, kesiagaan para pihak pengamanan pun berlanjut sampai ke area tanding atlet yaitu di JI Expo Kemayoran. Pihak-pihak yang terkait dalam hal pengamanan area JI Expo Kemayoran melibatkan TNI AD, Kodim, Polsek, Polres, serta Polda.
“Seluruh personil keamanan sudah kami turunkan sejak hari pertama yang terbagi-bagi area pengamanannya, ada yang di dalam area pertandingan, ada yang di area pintu masuk dan di area dalam,” ujar Yanto dari Polsek Kemayoran. Selama test event berlangsung pengamanan JIExpo selalu dalam pengawasan penuh. “Hingga saat ini keadaan JI Expo masih dalam kondisi yang aman dan terkendali tidak ada kejadian yang menggangu,” ujarnya.

Adanya koordinasi, komando, serta kerjasama yang baik dari berbagai pihak keamanan diharapkan dapat mendukung kelancaran berlangsungnya test event Asian Games 2018. Keamanan para atlet di tempat tinggal hingga area pertandingannya menjadi prioritas utama untuk diperhatikan. Pengamanan dengan sinergi yang baik pada kegiatan test event Asian Games diharapkan dapat ditingkatkan untuk menyambut gelaran Asian Games pada tanggal 18 Agustus 2018 mendatang.